-->

Apa Peran dan Ciri Tata Usaha ?

Peran Tat Usaha Beserta Ciri-Cirinya

Peran dan Ciri Suatu Usaha
- Setalah kemarin saya membahas tentang Pengertian Tata Usaha kali ini saya akan menjelaskan tentang Manfaat atau Peran dari Tata Usaha Begitu Pula dengan Ciri-Ciri Tata Usaha. Tunggu apa lagi yuk silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Peran Tata Usaha Dan Juga Ciri-Cirinya

Peran Tata Usaha

Setiap pekerjaan operatif untuk mencapai tujuan tertentu dalam suatu organisasi manapun, tentu dilaksanakan tata usaha. Dalam garis besarnya, tata usaha mempunyai tiga peranan pokok yaitu sebagai berikut:

1.Melayani pelaksanaan pekerjaan-pekerjaan operatif, yaitu tata usaha menyediakan berbagai keterangan yang diperlukan. Keterangan-keterangan itu memudahkan tercapainya tujuan yang diinginkan atau memungkinkan penyelesaian pekerjaan operatif yang bersangkutan secara lebih baik.

2.Menyediakan keterangan-keterangan bagi pucuk pimpinan organisasi, yaitu tata usaha membantu pihak pimpinan suatu organisasi dalam membuat keputusan dan melakukan tindakan yang tepat.

3.Membantu kelancaran perkembangan organisasi sebagai suatu keseluruhan yaitu bahwa tata usaha mempunyai peranan melancarkan kehidupan dan perkembangan suatu organisasi, dalam keseluruhannnya karena fungsinya sebagai pusat ingatan dan sumber dokumen.

Peranan Tata Usaha

1.Menyediakan keterangan-keterangan bagi pucuk pimpinan organisasi agar dapat membuat keputusan yang tepat.

Keterangan-keterangan yang diperoleh dari pekerjaan kantor dapat dipergunakan bagi pimpinan dalam merencanakan atau mengendalikan segala kegiatan organisasi. Pengendalian kegiatan organisasi dan pengambilan keputusan tidak akan dapat dilaksanakan dengan tepat tanpa adanya bahan-bahan keterangan dari pekerjaan kantor. Misalnya seorang pengusaha industri tekstil, akan meningkatkan dan memperluas produksi maka terlebih dahulu ia akan mempelajari kemungkinan-kemungkinan peluasan, seperti memperhatikan kualitas, harga, kemungkinan adanya persaingan, dan lain sebagainya.

Kemungkinan-kemungkinan tersebut perlu dan akan dipelajari lewat keterangan-keterangan yang diperoleh dari pekerjaan kantor. Bila saja keterangan dari pekerjaan kantor tersebut keliru maka dapat berakibat gagalnya tujuan tersebut di atas. Oleh karena itu pekerjaan kantor perlu di selenggarakan dengan sebaik-baiknya.

2.Melancarkan kehidupan dan perkembangan organisasi, karena berfungsi sebagia pusat ingatan dan sumber dokumen.

Banyak organisasi baik di lingkungan pemerintah maupun swasta, dalam menelenggarakan kegiatannya kuang atua tidak melakukan pencatatan-pencatatan secara cermat dan lengkap. Begitu juga dalam penyimpanan dan pemeliharaan dokumen-dokumen yang berisi keterangan-keterangan penting kurang diperhatikan. Padahal keterangan-keterangan tersebut penting dan diperlukan untuk bahan penilaian, pengambilan keputusan atau penyusunan progam bagi perkembangan organisasi. Dengan kabur dan gelapnya sumber dokumen itu, sudah barang tentu akan menyulitkan dalam kehidupan organisasi apabila dibutuhkan dokumen-dokumen tersebut.

Dengan demikian jelaslah bahwa peranan pekerjaan kantor sebagai pusat ingatan bahan dan dokumen amat penting serta harus diselenggarakan dengan sebaik-baiknya agar tujuan organisasi dapat dicapai semaksimal mungkin.

Dari penjelasan tersebut di atas, dapatlah disimpulkan bahwa fungsi pekerjaan kantor adalah :
a.Melayani pekerjaan operatif,
b.Membantu pimpinan organisasi untuk bertindak atau memutuskan sesuatu,
3.Melancarkan pengembangan organisasi.

Ciri Ciri Tata Usaha

Tata usaha mempunyai tiga ciri utama yaitu sebagai berikut :

1..Bersifat pelayanan 

Bersifat Pelayanan disini adalah tata usaha yang melayani pelaksanaan pekerjaan-pekerjaan operatif  yang bertujuan untuk mencapai tujuan dari suatu organisasi.

2.Bersifat merembet ke segenap bagian dalam organisasi 

Yang di maksud dengan bersifat merembet ke segenap bagian dalam organisasi adalah tata usaha bagian penting dan juga bagian diperlukan dalam bagian sebuah organisasi. Tata usaha terdapat dalam kantor dari pucuk pimpinan sampai ruang kerja satuan organisasi yang terbawah.

3.Dilaksanakan oleh semua pihak dalam organisasi 

 Yang di maksud dari dilaksanakan oleh semua pihak dalam organisasi adalah tata usaha dapat mencapai segala tempat dan tidak hanya terbatas dalam lingkungan bangunan, gedung, atau kantor dari suatu badan usaha yang bersangkutan.

Suatu sifat yang sudah pasti ialah bahwa tata usaha tidak dapat berjalan sendiri atau terlaksana dengan sendirinya, sebab semua pekerjaan harus direncanakan, diatur, disusun, diarahkan dikendalikan, dan disempurnakan oleh seorang pejabat pimpinan suatu organisasi.

Mungkin itu saja yang bisa Mbak Apk Sampaikan kepada anda semua mengenai Apa Peran dan Ciri Sebuah Tata Usaha. Semoga bisa membantu dan bermanfaat artikel saya kali ini untuk anda.

health insurance continuation rights illinois law auto owners insurance st cloud mn esis auto insurance geico auto insurance reddit cargo insurance for auto haulers how to prepare for an auto insurance appeal does having a child make car insurance cheaper interstate auto insurance reno nv auto insurance pawtucket ri auto insurance sparks range rover insurance quotes nj car insurance online can you cash out on a term life insurance policy instant auto insurance coverage online auto insurance san clemente ca should i cancel my whole life insurance policy stanford auto insurance need auto insurance today auto insurance quotes memphis tn geico auto insurance espanol best place to buy car insurance online calling insurance after accident general liability insurance for snow plowing auto insurance code 148 central auto insurance kings canyon car insurance quotes albuquerque nm group insurance quotes derby insurance solutions auto insurance now pay later addiction treatment insurance coverage do medicare premiums count as self employed health insurance georgia group health insurance small business thehartford car insurance benefits of geico car insurance hartford automobile insurance company attorney car accident insurance maine automobile insurance plan heartford auto insurance insurance administration software omaha insurance quote nco insurance the hartford car insurance company hpso insurance rating lawrence car insurance henry's auto insurance near me aaa insurance manchester nh insure oklahoma income guidelines insure oklahoma income guidelines 2019

0 Response to "Apa Peran dan Ciri Tata Usaha ?"

Post a Comment