-->

Tata Ruang Kantor (Pengertian,Tujuan,Asas,Macam-Macam Tata Ruang Kantor)

Tata Ruang Kantor

Apa sih yang dimaksud dengan Tata Ruang Kantor dan macam macam tata ruang kantor-Mbapk Apk kali ini akan membahas tentang Pengertian Tata Ruang Kantor dan Juga Macam Tata Ruang Kantor. untuk lebih jelasnya yuk langsung saja scroll ke bawah untuk melanjutkan membacanya.

Pengertian Tata Ruang Kantor, Tujuan,Asas dan Macam-Macam Ruang Kantor


Tata ruang kantor adalah sebagai pengaturan dan penyusunan seluruh mesin kantor, alat perlengkapan kantor serta perabot kantor pada tempat yang tepat. Maka pengawai dapat bekerja dengan baik, nyaman, leluasa, dan bebas untuk bergerak, sehingga akan tercapai efesiensi kerja.

Menurut pendapat George R. Terry, dalam buku “office management and Control” bahwa tata ruang kantor adalah penentuan mengenai kebutuhan-kebutuhan ruang dan tentang penggunaannya secara terinci dari ruang tersebut untuk menyiapkan suatu susunan praktis dari faktor-faktor fisik yang dianggap perlu bagi pelaksanaan kerja perkantoran dengan biaya yang layak.

Apabila pengaturan tata ruang dengan baik, akan mengakibatkan pelaksanaan pekerjaan kantor dapat diatur secara tertib dan lancar. Dengan demikian komunikasi kerja pegawai akan semakin lancar, sehingga koordinasi dan pengawasan semakin mudah serta akhirnya dapat mencapai efisiensi kerja.
Apabila dirinci, maka tujuan tata ruang kantor sebagai berikut :

a.Mencegah penghamburan tenaga dan waktu para pegawai karena prosedur kerja dapat dipersingkat.
b.Menjamin kelancaran proses pekerjaan yang bersangkutan.
c.Memungkinkan pemakaian ruang kerja secara efisien.
d.Mencegah para pegawai di bagian lain terganggu oleh public yang akan menemui suatu bagian tertentu, atau oleh suara bising lainnya.
e.Menciptakan kenyamanan bekerja bagi para pegawai.
f.Memberikan kesan yang baik terhadap para pengunjung.

Terdapat beberapa asas pokok dalam tata ruang kantor. Menurut Richard Muther, dalam bukunya “Pratical Plan Layout Tahun 1955”, terdapat beberapa asas-asas pokok tata ruang adalah sebagai berikut :

a.Asas jarak terpendek, yaitu merupakan jarak terpendek antara 2 titik dalam garis lurs.
b.Asas rangkaian kerja, yaitu penempatan para pegawai dan alat-alat kantor menurut rangkaian yang sejalan dengan urut-urutan penyelesaian pekerjaan.
c.Asas penggunaan segenap ruang, yaitu apabila tidak ada ruang yang tidak terpakai dan tidak hanya berupa luas lantai, tetapi juga vertical ke atas maupun ke bawah.
d.Asas perubahan susunan tempat kerja, yaitu apabila diperlukan dapat dirubah dengan mudah, misalny tata ruang kantor terpaksa dirubah. Hal tersebut dikarenakan :
1)Perubahan proses kerja / prosedur kerja kantor,
2)Penemuan teknologi baru, dan lain-lain.

Pada dasarnya dikenal adanya empat macam tata ruang kantor, yaitu sebagai berikut :

A.Tata ruang kantor berkamar (cubicle type offices).

Tata ruang kantor berkamar adalah ruangan untuk bekerja yang dipisahkan atau dibadi dalam kamar-kamar kerja.

Keuntungan tata ruang kantor berkamar sebagai berikut :
1)Konsentrasi kerja lebih terjamin.
2)Pekerjaan yang bersifat rahasia, dapat lebih terjamin atau terlindungi.
3)Untuk menambah kewibawaan ,status pejabat sehingga selalu terpelihara adanya kewibawaan pejabat / pimpinan.
4)Untuk menjamin keberhasilan kerja dan merasa ikut bertanggung jawab atas ruangan dan merasa ikut memiliki.

Kerugian tata ruang kantor berkamar sebagai berikut :
1)Komunikasi langsung antara pegawai tidak dapat lancar, sehingga kesempatan untuk mengadakan komunikasi menjadi berkurang.
2)Diperlukan biaya yang lebih besar untuk biaya pemeliharaan ruangan, pengaturan penerangan, dan biaya peralatan lainnya.
3)Pemakaian ruangan kurang luwes apabila ada perubahan dan perkembangan organisasi.
4)Mempersulit pengawasan.
5)Memerlukan ruangan yang luas.

B.Tata ruang kantor terbuka (open plan offices).

Tata ruang kantor terbuka adalah ruangan besar untuk bekerja yang ditempati oleh beberapa pegawai yang bekerja bersama-sama diruangan tersebut tanpa dipisahkan oleh penyekat.

Keuntungan tata ruang kantor terbuka sebagai berikut :
1)Mudah dalam pengawasan, pengaturan cahaya, udara, pengaturan warna dan dekorasi.
2)Luwes atau fleksibel apabila diperlukan perubahan ruangan dan tidak memerlukan biaya tinggi.
3)Mudah untuk mengadakan hubungan langsung, pengawasan, penyeragaman kerja dan pembagian peralatan kerja.
4)Biaya lebih hemat atau murah untuk pemeliharaan ruangan kerja, penggunaan kelengkapan ruangan dan peralatan, penggunaan telepon dan lain-lainnya.

Kerugian tata ruang kantor terbuka sebagia berikut :
1)Kemungkinan timbul atau terjadi kegaduhan atau kebisingan.
2)Pegawai sulit untuk melakukan pekerjaan dengan penuh konsentrasi.
3)Batas kedudukan antara pimpinan dan bawahan tidak Nampak jelas.
4)Pekerjaan yang bersifat rahasia sulit dilakukan.
5)Kemungkinan Nampak adanya tumpukan-tumpukan berkas atau kertas dan peralatan kerja lainnya, sehingga mengakibatkan pemandangan yang kuang baik.

C.Tata ruang kantor berhias atau berpanorama / bertaman (landscapa offices).

Tata kantor berpanorama adalah ruangan untuk bekerja yang dihiasi oleh taman, dekorasi, dan lainnya. Bntuk ruangan kantor berhias ini mengusahakan agar lingkungan ruangan perkantoran Nampak, seperti pemandangan alam terbuka dan benar-benar merupakan lingkngan yang nyaman, menyenangkan dan ekonomis dalam memanfaatan ruangan.

Keuntungan tata ruang kantor berhias atau berpanorama sebagai berikut:
1)Para pegawai akan merasa nyaman dan betah bekerja.
2)Ketegangan syaraf dapat berkurang atau dihindarkan.
3)Kebisingan dan kegaduhan dapat berkurang atau dihindarkan.
4)Produktivitas kerja dapat meningkat, pekerjaan dilaksanakan dengan efisien sehingga tujuan organisasi dapat mudah dicapai.

Kerugian tata ruang kantor berhias atau bertaman / berpanorama sebagai berikut :
1)Biaya cukup tinggi untuk mengadakan taman dan dekorasi lainnya.
2)Biaya pemeliharaan tinggi.
3)Memerlukan tenaga ahli yang tidak mudah dan tidak murah.
4)Tata ruang kantor yang merupakan gabungan antara bentuk tata ruang kantor berkamar, tata ruang kantor terbuka dan tata ruang kantor berhias. Tata ruang gabungan ini perlu dipertimbangkan karena ketiga bentuk tata rmempunyai keuntungan dan kerugian yang ada, dapat diciptakan tata ruang kantor gabungan.

D.Tata ruang kantor yang merupakan gabungan antara bentuk tata ruang kantor berkamar, tata ruang kantor terbuka dan tata ruang kantor berhias.

Di dalam tata ruang perkantoran terdapat lingkungan fisik yang harus diperhatikan antara lain sebagia berikut :

1)Penerangan / cahaya.
Karena penerangan sangat besar manfaatnya untuk keselamatan bekerja dan kelancaran kerja bagi para pegawai, maka perlu diperhatikan adanya penerangan (cahaya) yang terang, tetapi tidak menyilaukan. Dahaya yang kurang jelas (kurang cukup) mengakibatkan penglihatan kurang jelas sehingga pekerjaan akan lambat, banyak keselahan terjadi, dan tentu saja hal ini menyebabkan kuang efesien dalam melaksanakan pekerjaan,
sehingga tujuan organisasi tersebut tidak dapat dicapai secara efektif. Pada dasarnya cahaya dapat dibedakan menjadi dua, yaitu cahaya alam dan cahaya buatan.

2)Tata warna.
Menata warna dalam ruangan kerja perlu dipelajari dan direncanakan dengan teliti dan sebaik-baiknya. Meskipun pada kenyataannya, tata warna tidak dapat dipisahkan dengan penataan dekorasi. Hal ini dapat dimaklumi, karena warna mempunyai pengaruh besar pada perasaan. Sifat dan pengaruh warna kadang-kadang menimbulkan rasa senang, sedih, dan lain-lain. Sehingga di dalam sifat warna itu sendiri dapat merangsang perasaan manusia.

3)Ventilasi / pengaturan udara.
Pegawai akan sulit dapat bekerja dengan baik, senang, dan efesien apabila mereak bekerja di ruang kantor yang udaranya panas pengap sehingga sulit bernafas. Sedangkan pekerjaan kantor dengan suhu udara yang dianggap baik bekisar 13-24oC, oleh karena itu perlu diusahakan adanya vcentilasi cukup, yang dapat membantu pertukaran udara dengan lancar, sehingga para pegawai di ruangan kerjanya tetap mendapat udara segar dan nyaman.

4)Dekorasi.
Masalah dekorasi ada hubungannya dengan tata warna yang baik, karena itu dekorasi tidak hanya mempermasalahkan hiasan ruangan kerja saja. Tetapi harus diperhatikan cara mengatur letaknya, susunan, dan tata warna perlengkapan yang akan dipasang atau diatur.

5)Suara bising.
Karena pada umumnya pekerjaan yang ada membutuhkan kosentrasi. Maka suara bising hendaknya dihindarkan, agar supaya pelaksanaan pekerjaan dapat dilakukan dengan lancar dan efisien sehingga produktivitas kerja akan meningkat.

6)Music.
Menurut pada peneliti, music yang nadanya lembut sesuai dengan suasana, waktu dan tempatnya dapat membangkitkan dan merangsang bekerja. Oleh karena itu lagu-lagu dapaty dipilih dengan teliti untuk dikumandangkan di tempat kerja. Kalau tidak justru akan mengganggu konsentrasi kerja.

7)Keamanan.
Perlu diingat bahwa di dalam merencanakan tata ruang kantor, hendaknyaselalu diperhatikan adanya keamanan dalam bekerja. Oleh karena itu, faktor keamanan perlu betul-betul dipertimbangkan secara hati-hati dan teliti.

8)Peralatan kantor.
Menurut Ensiklopedi Administrasi, perlengkapan kantor (office aquipment) adalah segenap benda yang dipergunakan untuk membantu kelancaran tugas-tugas tata usaha, yang terdiri peraboty kantor, mesin kantor, bekal kantor, dan hiasan kantor. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, peralatan kantor berarti sesuau yang dapat dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud dan tujuan.

Jadi dapat dikatakan bahwa peralatan kantor merupakan suatu media dalam upaya mencapai tujuan yang diinginkan. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud peralatan atau perlengkapan kantor adalah suatu sarana dan prasarana yangdapat mempelancar atau mempercepat pelaksanaan pekerjaan kantor.

Mungkin itu saja yang bisa Mbak Apk sampaikan kepada anda semua semoga bisa membantu dan bermanfaat artiel Penjelasan Detail Tentang Tata Ruang Kantor yang meliputi Pengertian,Tujuan,Asas,Macam-Macam Tata Ruang Kantor. Terima kasih sudah mau membaca.

health insurance continuation rights illinois law auto owners insurance st cloud mn esis auto insurance geico auto insurance reddit cargo insurance for auto haulers how to prepare for an auto insurance appeal does having a child make car insurance cheaper interstate auto insurance reno nv auto insurance pawtucket ri auto insurance sparks range rover insurance quotes nj car insurance online can you cash out on a term life insurance policy instant auto insurance coverage online auto insurance san clemente ca should i cancel my whole life insurance policy stanford auto insurance need auto insurance today auto insurance quotes memphis tn geico auto insurance espanol best place to buy car insurance online calling insurance after accident general liability insurance for snow plowing auto insurance code 148 central auto insurance kings canyon car insurance quotes albuquerque nm group insurance quotes derby insurance solutions auto insurance now pay later addiction treatment insurance coverage do medicare premiums count as self employed health insurance georgia group health insurance small business thehartford car insurance benefits of geico car insurance hartford automobile insurance company attorney car accident insurance maine automobile insurance plan heartford auto insurance insurance administration software omaha insurance quote nco insurance the hartford car insurance company hpso insurance rating lawrence car insurance henry's auto insurance near me aaa insurance manchester nh insure oklahoma income guidelines insure oklahoma income guidelines 2019

0 Response to "Tata Ruang Kantor (Pengertian,Tujuan,Asas,Macam-Macam Tata Ruang Kantor)"

Post a Comment