-->

Pengertian Biaya Lengkap Beserta Contohnya Dalam Akuntansi

Pada peluang hari ini kami admin MbakApk akan membahas tentang berbagai arti biaya. Adapun yg akan kami bahas merupakan arti anggaran bahan baku, anggaran tenaga kerja, dan anggaran overhead pabrik yg di lengkapi dengan contohnya masing-masing.

Pengertian Biaya Bahan Baku

Pengertian dari anggaran bahan baku alias raw materils merupakan anggaran yg digunakan untuk bahan-bahan yg mampu dengan mudah dan pribadi diidentifikasikan dengan barang jadi.

Contoh bahan baku umpama semacam tembakau untuk perusahaan rokok dan kayu untuk perusahaan mebel.

Pengertian Biaya Tenaga Kerja Langsung alias Direct Labor Cost

Maksud dari anggaran tenaga kerja pribadi merupakan anggaran untuk tenag kerja yg dengan cara pribadi menyasar keproses produksi alias mampu dikaitkan pribadi dengan barang jadi.

Contoh untuk tenaga kerja pribadi merupakan semacam tukang kayu pada perusahaan mebel dan tukang pelinting rekok pada perusahaan rokok alias Sigaret Kretek Tangan (SKT).

Pengertian Biaya Overhead Pabrik Atau Overhead Cost

Biaya overhead pabrik merupakan baiaya pabrik tidak hanya daripada anggaran bahan baku dan tenaga kerja langsung. Jadi bisi dikatakan bahwa anggaran ini tidak mampu kita identifikasikan dengan cara pribadi dengan barang yg telah dihasilkan.

Adapun contoh dari Biaya overhead merupakan :


  1. Bahan tambahan alias pembantu, alias yg tidak jarang juga disebut dengan istilah bahan tidak pribadi (indirect matrials). Contohnya semacam perlenkapan pabrik yg meliputi baut, mur, dan pelitur dalam perusahan mabel.
  2. Tenaga kerja tidak pribadi alias indirect labor, merupakan tipe tenaga kerja yg tidak mampu diidentifikasikan dengan cara pribadi dengan barang yg dihasilkan dengan tugas alias pekerjaanya. Contohnya semacam gajih mandor, listrik, air, telpon, dan pembetulan dan pemeliharaan alias repair dan maintenance.


Contoh Biaya Bahan Baku

Dalam pencatatan pembelain bahan baku hampir sama dengan pencatatan pada perusahaan dagang, yakni dicatat dalam buku pengeluaran kas untuk tipe pembelian dengan cara tunai dan buku pembelian untuk pencatatan pembelian dengan cara kredit.

Serta pelunasan hutang akan dicatat dalam buku pengeluaran kas. Untuk pengeluaran bahan baku selagi satu masa periode berlangsung mampu dihitung sebgai berikut :

Notes :
Perkiraan persediaan bahan baku dipergunakan hanya untuk menampung ayat jurnal adaptasi pada akhir masa periode berjalan.

Jurnal adaptasi disusun untuk kualitas persediaan yg ada pada awal dan akhir periode. Disisi lain, jurnal adaptasi untuk persediaan awal dan akhir periode dilakukan kepada rekening ikhtisar beban pokok produksi.

Misal pada tahun 2017, PT. Surya Kencana Membeli bahan baku seharga Rp.1.440.000 dengan cara kredit. Maka  ayat jurnalnya merupakan :


Contoh Baiaya Tenaga Kerja Langsung alias Direct Labor

Pelunasan gaji tenag kerja pribadi akan dicatat dalam buku pengeluran kas. Perkiraan untuk anggaran buruh pribadi butuh dibuatkan perkiraanya sendiri. Jurnal penyesuain  diperlukan pada masa akhir periode untuk upaya yg tetap belum  saatnya dibayar.

Untuk pembebanan anggaran buruh pribadi mampu dilakukan dengan membikin jurnal penutup ke dalam rekening ikhtisar beban pokok produksi.

Misalnya : pada tahun 2017 PT. Surya Kencana melakukan pembayaran untuk gaji tenaga kerja pribadi sejumlah Rp.150.000. Pada akhir tahu, gajih yg tetap wajib dibyarakan PT. Sinar Kencana merupakan sejumlah Rp.23.000. jadi ayat jurnlnya merupakan sebagai berikut :



Notes :

Kolom ayat jurnal di atas merupakan perpaduan selagi satu tahun berjalan, dan gaji yg tetap wajib dibayarkan dicatat dalam AJP alias ayat jurnal penyesuaian.

Contoh Biaya Overhead Pabrik

Biaya overhead pabrik terdiri dari bahan pembantu/tambahan, gaji, listrik, tagihan telphone, tenaga kerja  tidak langsung, pemeliharaan dan perbaikan, asuransi, penyusutan kendaraan pabrik, penyusutan mesin-mesin, perlengkapan pabrik, dan penyusutan peralatan pabrik.

Setiap macam tipe anggaran dibuatkan rekening sendiri dalam buku besar. Dalam pencatatan pembelian anggaran overhead pabrik dicatat pada buku pembelian dan pembayarannya dicatat dalam buku pengeluaran kas.

Pembebanan anggaran overhead kedalam produksi mampu dilakukan dengan tutorial membikin jurnal penutup atas rekening yg bersangkutan dan lawannya merupakan ikhtisar beban pokok produksi.

Misal : pada tahun 2017 anggaran overhead pada pabrik PT.  Surya Kencana yg dibebankan kedalam produksi berjumlah Rp.450.000, jadi ayat jurnal yg butuh dibangun merupakan sebagai berikut :



Notes:
Jumlah pada kolom di atas telah tergolong ayat jurnal penyesuaian. Pembayaran hutang dilakukan alias dicatat pada buku pengeluaran kas. Sedangkan untuk anggaran penyusutan, ayat jurnalnya merupakan sebagai berikut :

Pada neraca lajur perusahaan manufaktur ada suatu rekening yg sebelumnya belum dibahas yakni, aktiva tidak berwujud.  Yang dimaksud dengean aktiva tidak  berwujud merupakan aktiva tetap yg tidak mempunyai bentuk fisik.

Contohnya semacam hak paten dan goodwill. Aktiva tidak berwujud sama juga dengan aktiva tetap, yakni sama-sama wajib disusutkan. Penyusutan aktiva tetap alias yg tidak jarang disebut dengan istilah amortisasi. Amortisasi aktiva tidak berwujud ini dimasukkan ke dalam anggaran pabrik alias manufakturing cost, anggaran penjualan dan anggaran adm dan umum.

Berikut ini merupakan ayar juranalnya :



Demikian penjelasan dari kami tentang Biaya Bahan Baku, Biaya Tenaga Kerja, dan Biaya Overhead Pabrik Lengkap dengan Contohnya. Semoga bermanfaat, dan menolong dan meningkatkan wawasan pengetahuan para pembaca sekalian.

sumber:akuntanonline.com

health insurance continuation rights illinois law auto owners insurance st cloud mn esis auto insurance geico auto insurance reddit cargo insurance for auto haulers how to prepare for an auto insurance appeal does having a child make car insurance cheaper interstate auto insurance reno nv auto insurance pawtucket ri auto insurance sparks range rover insurance quotes nj car insurance online can you cash out on a term life insurance policy instant auto insurance coverage online auto insurance san clemente ca should i cancel my whole life insurance policy stanford auto insurance need auto insurance today auto insurance quotes memphis tn geico auto insurance espanol best place to buy car insurance online calling insurance after accident general liability insurance for snow plowing auto insurance code 148 central auto insurance kings canyon car insurance quotes albuquerque nm group insurance quotes derby insurance solutions auto insurance now pay later addiction treatment insurance coverage do medicare premiums count as self employed health insurance georgia group health insurance small business thehartford car insurance benefits of geico car insurance hartford automobile insurance company attorney car accident insurance maine automobile insurance plan heartford auto insurance insurance administration software omaha insurance quote nco insurance the hartford car insurance company hpso insurance rating lawrence car insurance henry's auto insurance near me aaa insurance manchester nh insure oklahoma income guidelines insure oklahoma income guidelines 2019

0 Response to "Pengertian Biaya Lengkap Beserta Contohnya Dalam Akuntansi"

Post a Comment