-->

Pemahaman Mengenai Dasar - Dasar Akuntansi

Mengenal Dasar-Dsar Akutansi- Apa kabar semua masi bersama Mbak Apk kali ini saya akan mengenalkan Dasar-Dasar Akutansi. Penasaran apa saja dasar-dasarnya yuk simak artikel di bawah ini.

Menurut American Accounting Association (AAA), akuntansi adalah proses mengidentifikasi, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi, untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi pihak pemakai informasi. Bisa di simpulkan bahwa Akuntansi adalah sebuah proses yang terdiri dari identifikasi, pengukuran dan pelaporan informasi ekonomi yang berfungi untuk penilaian dan mengambil keputusan mengenai sebuah pperusahaan.
Pemahaman Mengenai Dasar - Dasar Akuntansi
Menurut American Institute of Certified Public Accountant (AICPA), Akuntansi adalah proses pencatatan, penggolongan dan peringkasan transaksi kejadian yang tepat (berdaya guna) dalam bentuk satuan uang dan penafsiran hasil proses tersebut.

Menurut Niswonger, Fess, dan Warren yang diterjemahkan oleh Merianus Sinaga, akuntansi adalah proses mengenali, mengukur, dan mengomunikasikan informasi ekonomi untuk memperoleh pertimbangan dan keputusan yang tepat oleh pemakai informasi yang bersangkutan.

Dari segi bahasa akuntansi berasal dari kata kerja 'to account'  yang berarti memperhitungkan dan Acount dalam bahasa indonesia berarti akun atau pikiran sedangkan dalam arti luas Akutansi adalah Sebuah proses dimana yang tersdiri dari identifikasi,pengukuran dan berkumunikasi mengani informasi ekonomi untuk menghasilkan sebuah keputusan -keputusan dari pemikiran informasi tersebut.

Di lihat dari segi prosedur, akuntansi adalah suatu teknik untuk mencatat, menggolongkan, dan menyimpulkan transaksi atau kejadian yang memiliki sifat dalam nilai mata uang danjuga  menganalisis hasil dari teknik tersebut.

Dari pengertian akuntansi tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan akuntansi meliputi:
Pencatatan (recording), Pencatatan adalah sebuah kegiatan mencatatan hasil transaksi keuangan perusahaan yang terjadi ke dalam dokumen yang berupa bukti transaksi, seperti: nota, kwitansi, cek, dan lain - lain ke dalam buku harian (jurnal) yang tersedia pada perusahaan dengan cermat dan kronologis. Contoh: transaksi pembelian secara tunai dicatat ke dalam bukti transaksi (nota).

Penggolongan (classifyng), Penggolongan adalah kegiatan mengumpukan transaksi keuangan perusahaan ke dalam buku besar sebuah perusahaan. Contohnya: transaksi penjualan secara tunai dicatat ke dalam jurnal penerimaan kas dan digolongkan ke akun buku besar kas.

Peringkasan (sumarizing) Peringkasan adalah sebuah kegiatan untuk menaruh transaksi keuangan yang sudah digolongkan ke akun buku besar (pada bagian b) ke dalam neraca saldo, jurnal penyesuaian, jurnal penutup, menutup buku besar, neraca saldo setelah penutupan, dan jurnal pembalik.

Pelaporan (reporting), Pelaporan yang dimaksud adalah menyusun laporan keuangan yang terdiri dari laporan laba rugi, laporan laba ditahan(PT), laporan perubahan modal/ekuitas, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan.

2. Spesialisasi Akuntansi

Sejalan dengan perkembangan ekonomi yang pesat, timbul pengkhususan di bidang akuntansi.

A. Bidang Akuntansi Berdasarkan Tujuannya

Berdasarkan tujuannya, bidang akuntansi dapat dibedakan sebagai berikut:

Akuntansi Keuangan (financial accounting), adalah bidang akuntansi yang tujuannya mengolah data keuangan menjadi laporan keuangan untuk pihak intern dan ekstern.

Akuntansi Biaya (cost accounting), adalah bidang akuntansi yang menyiapkan data transaksi keuangan yang berhubungan dengan biaya - biaya dalam proses produksi untuk penetapan harga pokok barang yang diproduksi.

Akuntansi Perpajakan (tax accounting), adalah bidang akuntansi yang tujuan laporan keuangannya untuk dasar penentuan pajak yang menjadi beban perusahaan serta perhitungan untuk kepentingan penyusunan laporan pajak.

Akuntansi Anggaran (budgetary accounting), adalah bidang akuntansi yang memiliki tugas untuk menyusun anggaran pada periode tertentu di masa yang akan datangn dan membandingkan hasil operasi dengan rencana yang telah ditetapkan.

Akuntansi Pemeriksaan (auditing), adalah akuntansi yang memiliki wewenang untuk memeriksa secara bebas atas data data akuntansi dengan maksud meneliti kecermatan, kebenaran catatan bukti transaksi perusahaan dan menilai kebenaran  laporan keuangan pada periode tertentu.

Akuntansi Pemerintahan (goverment accounting), Merupakan sebuah bidang akuntansi yang khusus untuk mencata dan melaporkan data keuangan yang terjadi pada badam-badan pemerintah.

Akuntansi Manajemen (management accounting), adalah suatu bidang akuntansi yang menyediakan informasi untuk pihak manajemen untuk membuat neraca guna mendukung operasi sehari - hari dan membuat kebijakan untuk masa yang akan datang.

Sistem Informasi Akuntansi (accounting system) adalah bidang akuntansi yang menetapkan prosedur dan pngendalian data keuangan sehinga proses pencatatan akuntansi dapat berjalan dengan cepat, efektif dan efisien.

2. Bidang Akuntansi Berdasarkan Profesinya

Berdasarkan profesinya, bidang akuntansi dibedakan sebagai berikut:

Akuntan Publik (public accountant), biasa disebut akuntan ekstern atau auditor eksternal, adalah akuntansi indpenden (swasta) yang menyediakan jasa kepada pihak yang membutuhkan. Akuntan publik bekerja secara bebas tanpa adanya tekanan. Untuk dapat berprofesi sebagai akuntan publik, seseorang harus memiliki izin dari Kementrian Keuangan. Di Indonesia, akuntan pubik tergabung ke dalam organisasi IAPI (Institut Akuntan Publik Indonesia). Contoh kantor akuntan publik: PWC, EY, Delloite, dan lain - lain.

Tugas akuntan publik antara lain : 

A) Melakukan pemeriksaan (auditing)
B)Memberi jasa perpajakan (tax services)
C)Memberikan jasa akuntansi (accounting servces)
D)Memberikan jasa konsultasi manajemn (management advisory service)

Akuntan Intern (private accountant), biasa disebut akuntan manajemen atau auditor internal, adalah akuntan yang bekerja disebuah perusahaan dan menjadi bagian dari perusahaan tersebut. Para akuntan manajemen di indonesia tergbung dalam organisasi IAMI (Ikatan Akuntan Manajemen Indonesia).

Tugas akuntan intern antara lain:

A)Menyusun sistem akuntansi
B)Menyusun laporan keuangan yang ditujukan untuk kepentingan pihak intern dan ekstern
C)Menyusun Anggaran
D)Menangani masalah perpajakan
E)Melakukan pemeriksaan internal

Akuntan Pemerintah (goverment accountant), adalah akuntan yang bekerja pada badan pemerintah, perusahaan negara, bank pemerintah, Direktorat Jendral Pajak, dan Direktorat Jendral Pengawasan Keuangan Negara. Para akuntan pemerintah tergabung ke dalam IAI-KASP ( Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Sektor Publik).

Akuntan Pendidik, adalah akuntan yang bertugas dalam pendidikan akuntansi yaitu mengajar, menyusun, kurikulum, dan melakukan penelitian di bidang akuntansi. Di Indonesia, para akuntan pendidik tergabung ke dalam IAI-KAPd (Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik).

Mungkin itu saja yang bisa Mbak Apk sampaikan kepada anda semua mengenai Pemahaman Tentang Dasar-DasarAkutansi semoga bisa membantu dan bermanfaat artikel ini untuk anda semua.

health insurance continuation rights illinois law auto owners insurance st cloud mn esis auto insurance geico auto insurance reddit cargo insurance for auto haulers how to prepare for an auto insurance appeal does having a child make car insurance cheaper interstate auto insurance reno nv auto insurance pawtucket ri auto insurance sparks range rover insurance quotes nj car insurance online can you cash out on a term life insurance policy instant auto insurance coverage online auto insurance san clemente ca should i cancel my whole life insurance policy stanford auto insurance need auto insurance today auto insurance quotes memphis tn geico auto insurance espanol best place to buy car insurance online calling insurance after accident general liability insurance for snow plowing auto insurance code 148 central auto insurance kings canyon car insurance quotes albuquerque nm group insurance quotes derby insurance solutions auto insurance now pay later addiction treatment insurance coverage do medicare premiums count as self employed health insurance georgia group health insurance small business thehartford car insurance benefits of geico car insurance hartford automobile insurance company attorney car accident insurance maine automobile insurance plan heartford auto insurance insurance administration software omaha insurance quote nco insurance the hartford car insurance company hpso insurance rating lawrence car insurance henry's auto insurance near me aaa insurance manchester nh insure oklahoma income guidelines insure oklahoma income guidelines 2019

Related Posts