-->

Penerapan Prinsip Profesional Dalam Bekerja

Penerapan Prinsip Profesional Dalam Bekerja
Profesioanl Bekerja

Menerapkan Prinsip Profesional dalam Bekerja- Kali ini Mbak Apk akan membahas tentang Profesional dalam bekerja, penasaran apa saja yang harus di lakukan simak artikel di bawah ini.

A. Definisi Profesional

Profesi adalah suatu kegiatan atau pekerjaan yang di lakukan seseorang , biasanya profesi ini berhubungan dengan sumpah dan janji yang mempunyai sifat religius. Sifat Profesional adalah suatu sifat yang dimiliki seseorang dalam melakukan pekerjaan baik secara teknisi maupin operasional tepat sesuai pekerjaan yang digelutinya.Pekerjaan dapat dianggap suatu profesi jika memiliki sebuah sklill atau ktrampilan,etika,tanggung jawab dan intergritas,pengabdian pada publik serta organisasi profesi.

B. Definisi Teknisi Akuntansi dan Teknisi Aansi yankuntg Profesional

Teknisi akuntansi adalah seseorang yang memiliki skill atau kemampuan dalam bidang tenanga pelaksana pembukuan penyedia bidan akuntansi pada dunia usaha, lembaga pemerintah dan lembaga lainnya. Teknisi Akutansi Profesional adalah seseorang yang mempunyai licensi standart nasional,internasional dan memiliki standart khusus yang di buktikan dalam sertifikat dari lembaga sertifikasi profesi terakreditasi yaitu kompetensi profesi yang memiliki standart tinggi,pendidika khusus,pelatihan dan subjek-subjek relevan dan pengalaman kerja.

Bagaimana cara mendapatkan setifikat ?

Cara mendapatkan sertifikat Teknisi Akutansi biasanya melalui uji kompetensi Teknisi Akuntansi Junior Level II/KKNI untuk SMK biasanya melalui LSP-TA-,LSK-TA dan LSP-SMK.Sedangkan untuk Akuntan Profesional serifikasi kopetensi di dapat melalui pendidikan profesi Akutansi (PPA) pada Ikatan Akutansi Indonesia (IAI) yang bekerja sama dengan perguruan tinggi penelenggara PPA untuk mendapatkan suatu gelar profesional Akuntan.(AK/CA).


C. Aspek Eksternal dan Internal yang Mempengaruhi Profesi Teknisi Akuntansi

Objektivitas seorang teknisi akuntansi biasanya dipengaruhi oleh beberapa aspek yaitu aspek internal dan aspek eksternal. Aspek internal timbul dari dalam individu sendiri, yaitu moral dan profesional. Sementara itu, aspek eksternal diantaranya sebagai berikut:

1.Tekanan untuk melakukan kecurang dari manajer atau pemberi kerja
2.Tekanan bekerja sama antar rekan kerja
3.Tekanan bekerja sama antara pemilik perusahaan dan penarik pajak
4.Tekanan antara kreditur dan manajer
5.Tekanan dari pihak lain

D. Prinsip - Prinsip Etika Profesi Teknisi Akuntansi

1.Tanggung Jawab Profesi     

Dalam melakukan sebuah profesi pastinya harus siap dengan resiko dan tanggung jawab atas semua yang telah di lakukan. Setiap anggota senantiasa menggunakan pertimbangan moral dan profesional dalam melakukan kegiatannya.

2. Kepentingan Publik

Bagi melakukan tindakan dalam melakukan pelayan pulik guna untuk menghormati kepercayaan publik dan menunjukan komitmen atas profesionalisme kerja.

3.Integritas

Integritas adalah kualitas seorang akuntan yang digunakan untuk melandasi kepercayaan publik dan patokan (bencmark) bagi setiap anggota dalam menguji semua keputusan yang diambilnya.

4.Objektivitas

Objektivitas merupakan kegiatan memberikan nilai atas jasa yang diberikan oleh anggota.Dalam menilai prinsip objektivitas dilakukan secara adil, tidak memihak, jujur secara intelekual, tidak berprasangka, serta bebas dari kepentingan salah satu pihak.

5.Kompetensi dan Kehati - hatian Profesional

Dalam melakasanakan jasa profesional harus dilakuakan secara berhati hati, kompetensi dan tekun dan wajib juga untuk mempertahankan pengetahuan dan keterampilan profesional dalam tingkat yang diperlukan. Hal tersebut berfungsi untuk memastikan terhadap klien dalam melakukan jasa profesioanl yang kompeten berdasarkan prkatik,legilasi,dan teknik mutakhir.

6.Kerahasiaan

Dalam melakukan jasa Profesioanl harus menjaga dan menghormati kerahasiaan sebuah informasi yang di dapatnya.dan dilarang memakai atau membocorkan informasi tersebut tanpa ada persetujuan kecualai ada kewajiab dan hak untuk mengungkapkannya.

7.Perilaku Profesional

Anggota harus memiliki sifat konsisten dengan reprtasi profesi yang baik dan menjauhi tindakan yang mendiskreditkan profesi.

8.Standar Teknis 
                
Dalam melakukan jasa profesional harus di lakukan secara standart teknisi dan standart profesioanl.

E. Asumsi Dasar Akuntansi

Prisnip akuntansi yang umum, mempunyai empat hak dasar dalam melakukan penyusunan laporan akuntansi secara keseluruhan, Asumsi asumsi tersebut di antara lain adalah sebagai berikut:

1.Asumsi Unit Moneter (Monetary Unit Assumption)
Asumsi ini di gunakan oleh Akuntansi unutk mengukur setiap transaksi bisnis/peristiwa ekonomi ke dalam nilai mata uang.

2.Asumsi Kesatuan Usaha (Economic/Business Entity Assumption)
Asumsi Kesatuan Usaha di gunakan untuk memisahkan antara transaksi perusahaan sebagai entitas ekonomi dengan transaksi pemilik sebagai individu dan transaksi entitas ekonomi lainnya.

3.Asumsi Periode Akuntansi (Accounting/Time Period Assumption)
Asumsi ini mengemukakan bahwa informasi akuntansi dibutuhkan atas dasar ketepatan waktu.

4.Asumsi Kesinambungan Usaha (Going Concern Assumption)
Asumsi ini mengungkapkan bahwa perusahaan didirikan dengan maksud untuk tidak dilikuidasi/dibubarkan dalam jangka pekat, tetapi diharapkan akan tetap beroperasi dalam jangka waktu yang tidak terbatas.

Mungkin itu saja yang bisa Mbak Apk sampaikan kepada anda mengenai Penerapan Prinsip Kerja Profesional dalam Bekerja semoga bermanfaat artikel di atas jangan lupa share ya.

health insurance continuation rights illinois law auto owners insurance st cloud mn esis auto insurance geico auto insurance reddit cargo insurance for auto haulers how to prepare for an auto insurance appeal does having a child make car insurance cheaper interstate auto insurance reno nv auto insurance pawtucket ri auto insurance sparks range rover insurance quotes nj car insurance online can you cash out on a term life insurance policy instant auto insurance coverage online auto insurance san clemente ca should i cancel my whole life insurance policy stanford auto insurance need auto insurance today auto insurance quotes memphis tn geico auto insurance espanol best place to buy car insurance online calling insurance after accident general liability insurance for snow plowing auto insurance code 148 central auto insurance kings canyon car insurance quotes albuquerque nm group insurance quotes derby insurance solutions auto insurance now pay later addiction treatment insurance coverage do medicare premiums count as self employed health insurance georgia group health insurance small business thehartford car insurance benefits of geico car insurance hartford automobile insurance company attorney car accident insurance maine automobile insurance plan heartford auto insurance insurance administration software omaha insurance quote nco insurance the hartford car insurance company hpso insurance rating lawrence car insurance henry's auto insurance near me aaa insurance manchester nh insure oklahoma income guidelines insure oklahoma income guidelines 2019

0 Response to "Penerapan Prinsip Profesional Dalam Bekerja"

Post a Comment