-->

Pengertian Pesawat Telepon Dan Bagian-Bagiannya

Pengertian Pesawat Telepon Dan Bagian-Bagiannya-Penggunaan telepon sudah menjadi bagian dari kehidupan di bumi ini. Baik di Indonesia maupun di kotaa-kota kecil, bahkan di desa-desa. Orang-orang yang menggunakan telepon bila tidak dapat bertemu secara langsung. Sarana untuk mempermudah komunikasi ini memang sering kita jumpai.
Sebenarnya, apakah yang dimaksud dengan telepon?

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia yang dimaksud dengan telepon adalah :

1.Pesawat dengan listrik dan kawat untuk bercakap-cakap antara dua orang yang berjauhan tempatnya : pesawat telepon.

2.Percakapan yang disampaikan dengan pesawat telepon.

Drs. Gouzali Sydam, Bc.TT, menerangkan bahwa “Istilah telepon pada mulanya berarti suara dari jarak jauh”. Sedangkan perangkat telepon pada tahun-tahun belakang ini telah mengalami perubahan bentuk dan sistem, namun pada prinsip dasarnya sebagai alat pengirim dan penerima suara dari jarak jauh masih tetap sama seperti sebelumnya. Suatu sistem telepon berperang sebagai jaringan komunikasi pecakapan antara dua buah pesawat telepon dalam sistem tersebut.

Secara sederhana dapat disimpulkan bahwa telepon adalah alat untuk berkomunikasi jarak jauh antara komunikator dengan komunikan karena tidak dapat bertatap muka atau bertemu secara langsung. Pesawat telepon ini bertugas mengubah suara orang menjadi sinyal-sinyal listrik itu diubah menjadi getaran suara, sehingga dapat terdengar suara asal percakapan.



Pada pesawat (gagang) telepon terdapat unsur-unsur listrik, antara lain :

1.Mikrofon atau pengirim percakapan

2.Earphone penerima percakapan (telepon)

3.Konverter atau alat untuk memisahkan keadaan antara sinyal percakapan yang dapat didengar sinyal elektromagnetif dihasilkan oleh medan magnet yang ditimbulkan oleh aliran listrik.

4.Diafragma (membran) atau badan logam yang sukar bergerak, digantung pada tempatnya oleh sebuah cincin penahan. Sebuah batang menghubungkan diafragma ke kotak beris karbon.

5.Kotak (kapsul) berisi butir-butir karbon (serbuk arang). Kotak terbuat dari dua elektroda (plat cakram) berlapis logam yang bersama-sama terpegang dengan suatu tutup pemisa. Keseluruhan kotak kapsul merupakan bagian dari sirkuit (rangkaian arus listrik) yang dapat mengalirkan arus listrik.

Gelombang suara yang masuk membentur diafragma sehingga butir-butir karbon yang terdapat antara dua elektroda itu memadat dan merenggan. Proses pemadatan dan perenggangan ini, mengakibatkan arus listrik naik atau turun (arus berpulsa). Arus ini diterima oleh sirkuit penerima di ujung yang lain, kemudian mengubahnya kembali menjadi suara yang dapat didengar.

6.Power (sumber catuan listrik) diperoleh dari baterai atau arus listrik. Power merupakan salah satu factor penentu berhasilnya setiap percakapan telepon.

Pesawat telepon secara garis besar terbagi atas :

1.Bagian dalam pesawat berupa unsur-unsur arus listrik (telah dihapus pada bagian terdahulu)
2.Bagian luar pesawat berupa :
a.Gagang telepon (handset) penerima dan pengirim
b.Tempat nomor telepon (pesawat telepon otomat roda pilih atau pesawat telepon tombol tekan)
c.Nomor-nomor telepon dari nomor 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6 , 7, 8, 9
d.Tanda-tanda gambar

*(tanda bintang)
O (tanda oper)
# (flash)
_ (mute)
| |(pause)
 (RD)

-(panah bawah untuk melihat bagian bawah pada layar/tombol bawah)
-(panah kanan untuk menggerakkan kursor ke kanan)
-(panah atas untuk melihat bagian atas pada layar/tombol atas)
- ( panah kiri untuk menggerakkan kursor ke kiri)

health insurance continuation rights illinois law auto owners insurance st cloud mn esis auto insurance geico auto insurance reddit cargo insurance for auto haulers how to prepare for an auto insurance appeal does having a child make car insurance cheaper interstate auto insurance reno nv auto insurance pawtucket ri auto insurance sparks range rover insurance quotes nj car insurance online can you cash out on a term life insurance policy instant auto insurance coverage online auto insurance san clemente ca should i cancel my whole life insurance policy stanford auto insurance need auto insurance today auto insurance quotes memphis tn geico auto insurance espanol best place to buy car insurance online calling insurance after accident general liability insurance for snow plowing auto insurance code 148 central auto insurance kings canyon car insurance quotes albuquerque nm group insurance quotes derby insurance solutions auto insurance now pay later addiction treatment insurance coverage do medicare premiums count as self employed health insurance georgia group health insurance small business thehartford car insurance benefits of geico car insurance hartford automobile insurance company attorney car accident insurance maine automobile insurance plan heartford auto insurance insurance administration software omaha insurance quote nco insurance the hartford car insurance company hpso insurance rating lawrence car insurance henry's auto insurance near me aaa insurance manchester nh insure oklahoma income guidelines insure oklahoma income guidelines 2019

0 Response to "Pengertian Pesawat Telepon Dan Bagian-Bagiannya"

Post a Comment