-->

Penggunaan Peralatan Kantor yang Tidak Habis Pakai

Peralatan Kantor

Penggunaan Peralatan Kantor Yang Tidak Habis Pakai
- Peralatan Kantor- Kali ini smbak apak akan menjelaskan tentangPeralatan Kantor yang Tidak Habis Pakai, Penasaran apa saja? Yuk simak artikel di bawah ini:

Peralatan Kantor Habis Pakai


1.Penjepret kertas (heath machine).

Penjepret kertas adalah suatu alat kantor yang dipergunakan untuk membundel kertas menjadi satu dengan jalan menjepretnya, misalnya membundel kertas-kertas diktat, surat dan lain-lain. Alat tersebut dinamakan juga dengan istilah stapler. Sedangkan isinya disebut dengan kawat jepret atau staples atau nietjes.

Kegunaan dari penjepret kertas ini adalah untuk menjepret kertas atau surat agar rapid an tidak berceceran, pada waktu mengirimkan surat yang lebih dari 1 lembar.

A.Cara pemeliharaan penjepret kertas.

1)Agar tidak berkarat, bersihkan selalu dengan kain halus (parnel). Bila terdapat kotorang yang melekat dapat dibersihkan dengan alcohol, spiritus, atau bensin.

2)Hindari penyimpanan pada ruang yang lembab, simpanlah pada tempat yangkering.

3)Agar daya lentur per tetap kuat maka jangan memasukkan staples melebihi dari daya muat penjepret tersebut.

4)Jika terjadi kemacetan pada bagian mulutnya, hindari memukul penjepret tersebut tetapi bukalah secara perlahan-lahan.

2.Pelubang kertas (perforator).

Pelubang kertas yang dalam bahasa Inggrisnya disebut punched card machine, sedangkan dalam bahasa Belanda disebut perforator adalah alat yang dipergunakan untuk melubangi kertas sehingga mudah disimpan dalam snelhecter. Kegunaan dari alat ini adalah untuk membuat lubang pada kertas kertas surat yang akan dimasukkan ke dalam snelhecter / ordner. Lubang yang ditimbulkan oleh alat ini untuk masing-masing kertas adalah dua buah atau lebih di tempat yang tleah ditentukan dengan sekaligus kira-kira sebanyak 10 lembar.

A.Cara pemeliharaan.

1)Selalu membersihkan sisa kertas yang tertinggi pada tempatnya, setelah pelubang kertas itu dipergunakan.

2)Hindarilah pemukulan telapan tangan pada bagian penekan, karean akan mengakibatkan cepat rusaknya alat tersebut, terutama pernya.

3)Tempatkan pada tempat yang kering, dan hindari penyimpanan pada ruang yang udaranya lembab.

4)Agar tidak terkena karat, maka selalu dibersihkan seluruh permukaannya dengan menggunakan kain hlus.

3.Mesin penomor (numbering machine).

Mesin penomor adalah suatu alat yang digunakan untuk member nomor-nomor secara berurut. Misalnya untuk member nomor pada faktur, surat pesanan, cek, saham, surat undian, karcis-karcis saham dan sebagainya.

Mesin penomor ini dapat secara otomatis memberikan nomor secara berurut atau rangkap tanpa memutar atau mengganti cap terlebih dahulu seperti pada cap tanggal atau cap nomor. Mesin tersebut dapat memberikan nomor hingga 12c kali dengan nomor yang sama. Dan mesin ini sangat berguna bagi mereka yang bekerja pada bagian surat, dokumentasi gudang dan lain-lain.

A.Cara pemerliharaan mesin pemberi nomor.

1)Bersihkan angka-angkanya dengan minyak tanah.
2)Agar tidak berkarat bersihkan selalu dengan kain halus.
3)Jangan menggunakan tinta cap, sebab dapat melengketkan roda angka jika tinta tersebut kering.
4)Masukkan dalam laci atau kotak yang rapat dan kering.
5)Supaya roda angka tidak mudah aus jangan menggunakan stylus logam.

4.Perabot kantor.

A.Pengertian perabot kantor.

Perabot kantor dalam bahasa Inggris disebut office furnishing’s atau office furnitures, adalah benda-benda kantor yang pada umumnya terbuat dari kayu, yang dipergunakan untuk melaksanakan tugas tata usaha.

Drs. The Liang Gie dalam bukunya Kamus Administrasi Perkantoran mengemukakan bhwa “perbekalan kantor merupakan jenis perbekalan tata usaha yang terbuat dari kayu atau metal, yang mempunyai susunan (misalnya pinti-pintu atau laci-laci) dan diam ditempat.

B.Macam-macam perabot kantor.

Dua macam perabot kantor yang tentu dimiliki dan paling banyak dipergunakan dalam setiap kantor ialah “meja tulis (termasuk pula meja tik)” dan “kursinya”, oelh karean itu, hal ikhwal meja dan krusi kerja perlu mendapat penelaahan secukupnya terutama mengenai segi-segi ukuran, bentuk, dan pertaliannya dengan luar lantai yang perlu disediakan.

Macam-macam perabot yang paling utama untuk menunjang pelaksanaan pekerjaan kantor diantaranya sebagai berikut :

1)Meja tulis, meja mesin tik, dan computer.
2)Kursi.
3)Lemari yang dapat dikunci.
4)Rak buku / arsip.
5)Box, peti kayu.

Mungkin itu saja yang bisa Mbak Apk sampaikan kepada anda, semoga bisa membantu dan bermanfaat ya bagi kalian semua, jangan lupa share ya.

health insurance continuation rights illinois law auto owners insurance st cloud mn esis auto insurance geico auto insurance reddit cargo insurance for auto haulers how to prepare for an auto insurance appeal does having a child make car insurance cheaper interstate auto insurance reno nv auto insurance pawtucket ri auto insurance sparks range rover insurance quotes nj car insurance online can you cash out on a term life insurance policy instant auto insurance coverage online auto insurance san clemente ca should i cancel my whole life insurance policy stanford auto insurance need auto insurance today auto insurance quotes memphis tn geico auto insurance espanol best place to buy car insurance online calling insurance after accident general liability insurance for snow plowing auto insurance code 148 central auto insurance kings canyon car insurance quotes albuquerque nm group insurance quotes derby insurance solutions auto insurance now pay later addiction treatment insurance coverage do medicare premiums count as self employed health insurance georgia group health insurance small business thehartford car insurance benefits of geico car insurance hartford automobile insurance company attorney car accident insurance maine automobile insurance plan heartford auto insurance insurance administration software omaha insurance quote nco insurance the hartford car insurance company hpso insurance rating lawrence car insurance henry's auto insurance near me aaa insurance manchester nh insure oklahoma income guidelines insure oklahoma income guidelines 2019

0 Response to "Penggunaan Peralatan Kantor yang Tidak Habis Pakai"

Post a Comment